Inilah 3 Rules Copywriting Yang Wajib Anda Ketahui

Copywriting sangat penting untuk kesuksesan bisnis di era digital saat ini. Seperti halnya Desain, Content marketing, SEO, Software, Copywriting adalah salah satu komponen pelengkap pemasaran digital untuk melengkapi strategi pemasaran Anda.

Copywriting memungkinkan Anda untuk mengkonversi lebih banyak pembaca menjadi pelanggan yang loyal yang siap membeli produk Anda.

Hari ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman dan pengetahuan saya tentang copywriting yang mungkin bisa Anda terapkan untuk membuat penawaran produk bisnis Anda.

Siapa sajakah yang cocok menerapkan ilmu copywriting?

Anda yang berprofesi sebagai pengusaha, founders, marketers, bloggers, affiliater, pemilik toko online, reseller, dropshipper atau siapapun yang membutuhkan tulisan atau kata-kata yang dapat menciptakan penjualan dan konversi yang tinggi pastilah butuh ilmu ini.

Apa sih Copywriting itu ?

Copywriting adalah seni dan ilmu menulis kata-kata yang digunakan khususnya pada halaman web, iklan, materi promosi, bbm broadcast, spanduk, banner, dll yang intinya untuk mempromosikan produk atau jasa Anda dan meyakinkan calon pelanggan untuk mengambil tindakan dan menjadi
pelanggan yang loyal.

Copywriting dapat dipakai untuk :

  1. Judul blog & artikel
  2. Tagline brand
  3. Sales letter/landingpage/squezee page
  4. Facebook fanpages, status, instagram, & iklan digital lainnya
  5. Headline untuk di marketplace seperti OLX, kaskus, tokopedia, bukalapak, dll
  6. Presentasi
  7. BBM broadcast

Dan mungkin masih banyak lagi:

Ada 3 rules copywriting yang perlu Anda perhatikan sebelum mempelajari lebih dalam ilmu copywriting. Apa saja itu?

#1 : Fokus Pada GOAL bukan pada KONTEN 

GOAL bisa berupa Traffik, List, Konversi, Buyer, Recurring , Closing. Kenapa GOAL selalu jadi yang utama setiap Anda merencanakan sesuatu? Ya, karena GOAL itulah yang membuat kita bergerak. Jadi tentukan dulu GOAL Anda sebelum mempelajari Copywriting. GOAL yang akan Anda tentukan disini adalah GOAL yang berkaitan dengan Traffik, List, Konversi, dan Recurring

#2 : Berdasarkan Customer Persona, Bukan Atas Maunya Kita

Customer Persona sangat penting dalam sebuah bisnis atau usaha yang sedang Anda jalankan. Kenapa? Karena jika Anda sudah mengetahui Customer Persona dari bisnis Anda akan sangat membantu sekali dalam membuat copywriting yang powerfull sehingga bisa mendapatkan konversi yang tinggi.

#3 : Tidak Hanya Asal Jadi, Tapi Juga Harus Ada Interaksi

Apakah aktifitas copywriting itu hanya cukup menulis naskah iklan lalu di publish, selesai? Tentu tidak sampai disitu, ada yang lebih penting dari itu semua yaitu membangun interaksi dengan calon customer.Interaksi berguna untuk membangun kedekatan.

Ingat! No Raport No Sales, Jika tidak dekat maka tidak akan ada penjualan.

Maka dari itu bangunlah kedekatan dengan calon pembeli yaitu dengan cara memberikan like terhadap komentar dari orang yang merespon iklan Anda, membalas komentar mereka, dan yang terpenting adalah after sales, karena ini yang sering orang lupa.

Inilah 3 rules copywriting yang harus Anda pahami betul-betul sebagai langkah awal memulai copywriting

Baca juga : 13 Jenis Headline Yang Mampu Membius Pembaca Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *