Setelah menguasai produk dan membuat target penjualan, selanjutnya Anda perlu memilih media apa yang akan digunakan untuk menyampaikan pesan pemasaran Anda. Pertimbangannya dimanakah target market Anda banyak berkumpul (Sarang Semut).

Saya sudah pernah posting tentang hasil riset WeAreSocial, sebuah perusahaan yang concern mengamati perkembangan penetrasi pengguna internet dunia, termasuk pengguna media sosial. Silahkan baca kembali hasil riset tersebut disini.

Hasil riset menyebutkan ada sekitar 106 juta orang Indonesia aktif di media sosial. Dengan jumlah sebanyak itu maka untuk sukses menjadi seorang Reseller Handal Anda harus menguasai media sosial. Saya akan menjelaskan tentang pentingnya menggunakan media sosial untuk berjualan.

Di Era Internet terutama semakin bertumbuhnya pengguna media sosial menjadi kunci sukses banyak reseller ketika berjualan. Mengapa bisa begitu? Karena media sosial merupakan tools yang akan memudahkan Anda menemukan banyak orang dan Anda bisa mengenalkan produk e sebanyak mungkin orang dalam waktu singkat.

Donita juga selama ini banyak mengandalkan media sosial untuk menemukan calon pembeli, beberapa diantaranya yang sering kami gunakan adalah Facebook, Instagram, Whatsapp, Telegram, BBM, dll.

Kelebihan dari media sosial ini, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk bisa berjualan. Bahkan cukup dengan modal pulsa internet, seketika itu Anda bisa langsung jualan. Media sosial adalah media yang sangat ampuh jika Anda memahami cara kerjanya.

Satu hal penting yang harus Anda pahami ketika menggunakan sosial media untuk berjualan adalah tentang membangun kolam. 

Kalau di facebook, jika menggunakan akun personal ini disebut friends/follower, jika menggunakan fanspage, disebut fans, kalau gorup facebook disebut member. Inilah beberapa fasilitas di facebook yang bisa Anda pakai langsung untuk berjualan.

Fans/follower ini pada dasarnya adalah calon pembeli. Supaya calon pembeli semakin banyak maka yang perlu dilakukan adalah memperbesar kolamnya. 

Membangun calon pembeli (perbesar lead) sangatlah penting. Sederhananya, memiliki kolam sendiri dan memancing ikan disana pasti lebih mudah daripada memancing ikan di laut. Mengapa? Sebab ikannya sudah berkumpul dan tinggal kita panen.

Logika sederhananya, semakin banyak jumlah fans/follower Anda, maka semakin banyak orang yang tahu produk Anda. Semakin banyak yang tahu artinya semakin banyak pula orang yang beli. Beberapa media atau messaging service yang bisa dipakai untuk memperbesar kolam seperti: Facebook, Instagram, BBM, WA, Telegram.

Bagaimana agar follower makin banyak dan kolam makin besar?

Kuncinya, Anda harus sharing sesuatu yang banyak disukai orang sehingga mereka mau datang dan berkumpul. Misal, jika Anda jualan baju anak, Anda harus rutin sharing tentang tips merawat anak atau tips parenting. Jika Anda jualan hijab maka Anda sharing ilmu bermanfaat yang berhubungan dengan fashion hijab atau tutorial hijab.

Jadi calon pembeli akan masuk ke kolam Anda. Ketika sudah besar dan siap dipanen, baru Anda bisa closingkan dengan mudah dengan menerapkan teknik closing yang mumpuni. Jadi mulai sekarang bangunlah kolam ikanmu sendiri, perbesar lead biar MANCING makin GAMPANG.

Baca juga : Copywriting Garing Jualanpun Kering

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *