Agar Bisnis Bertahan Lebih Lama

Sembari menunggu waktu adzan Ashar bersahut-sahutan dan waktunya sholat didirikan, yuk kita lanjut lagi topik tentang menjadi reseller handal.¬†Tapi sebelum itu, jika Anda merasa postingan ini bermanfaat, please share untuk teman-teman yang Anda cintai. ūüôā

Sebelumnya kita sudah mengulas tentang pentingnya product knowledge. Bagaimana kita bisa menjual lebih baik dan lebih cepat jika mengenal dengan baik produk yang kita tawarkan. Untuk jadi seorang reseller handal syaratnya Anda harus tahu apapun tentang produk Anda.

Selanjutnya yang menjadi kesalahan kedua yang sering dialami oleh para reseller adalah Reseller tidak membuat target.

Berbicara tentang target alias goal, topik ini menjadi topik paling dasar yang harus dipahami dan dilakukan oleh para reseller. Topik ini menjadi penting agar penjualan yang Anda lakukan bisa berjalan terus-menerus. 

Saya menekankan topik ini bukan tanpa sebab, melainkan melihat fakta di lapangan bahwa banyak sekali reseller yang berjualan tanpa melalukan hal ini. Akibatnya, mungkin mereka bisa menjual banyak produk, tapi akan beda hasilnya jika mereka punya target yang terukur dan jelas.

Coba Anda pikirkan tentang kasus simpel ini.

Orang yang sedang membina hubungan dan tidak punya target kapan menikah, saya yakin pasti gak akan pernah jelas kapan nikahnya. Tidak hanya si wanita jadi terus-terusan berharap, malah kalau jengkel dan ada yang lebih baik mungkin juga ujung-ujungnya si pria bisa diputusin.

Lalu kenapa ini bisa terjadi? Karena si pria ini tidak punya target yang jelas kapan akan menikah.

Sama halnya ketika kita jualan. Kalo kita ingin bisnis bertahan lebih lama tapi gak punya target yang jelas, pasti jualan kita gak niat, kita kurang semangat dan tidak ada hal yang bisa kita ukur. Jualan kita sudah baik atau tidak.

“There is no achievement without goals (Tidak akan ada pencapaian jika tidak ada target) – Robert J. McKaine

Untuk itu penting membuat target jualan. Buatlah sedetail mungkin, misal target jualan harian, mingguan dan bulanan. Target yang sudah Anda buat ini harus Anda jaga dan dibalut dengan komitmen yang kuat untuk dijalani.

Target ini perlu juga ditulis di tempat yang mudah terlihat misal di whiteboard, dinding, buku, dll. Tujuannya agar kita ingat dengan target yang baru dan akan kita capai. Supaya Anda lebih bersemangat lagi, buatlah apresiasi untuk diri Anda sendiri semacam hadiah jika target yang Anda buat telah tercapai.

Ayo! Mulai sekarang buatlah target penjualan Anda dan konsistenlah untuk terus menjalankannya sampai target itu benar-benar terwujud. Dengan begini bisnis Anda akan sangat terukur dan bisnis bertahan lebih lama.

Selamat membuat target. 

Baca juga : Inilah 6 Pola Sukses Orang Sukses Dalam Bisnisnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *