Sebuah perusahaan marketing asal Amerika mengumumkan sebuah hasil riset tentang penetrasi perkembangan dan pengguna internet negara-negara Asia. Tentunya salah satunya adalah negara kita Indonesia. Data ini dikeluarkan tepatnya Januari 2017 lalu.

Dari hasil riset tersebut menyebutkan, bahwa jumlah penduduk Indonesia yang saat ini mencapai 262 juta jiwa 51%-nya atau sekitar 132.7 juta orang adalah netizen atau pengguna internet. Itu artinya lebih dari setengah penduduk Indonesia saat ini sudah melek internet. Dan dari 132.7 juta orang penduduk Indonesia, 40%-nya atau sekitar 106 juta orang aktif di sosial media. 

Dengan jumlah pengguna internet sebanyak ini, Indonesia termasuk pengakses sosial media terbesar di dunia, dan kebanyakan mengakses melalui mobile (gadget) yang jumlahnya sebesar 35% atau sekitar 92 juta jiwa.

Jika dibandingkan dari data tahun 2016, WeAreSocial menyebutkan terjadi pertumbuhan yang sangat besar yaitu sekitar 51% pertahun

Melihat fakta ini saya ingin menegaskan bahwa dunia digital bukan lagi sebuah tren, tapi adalah masa depan. Dengan jumlah pertumbuhan sebesar itu, bisa Anda bayangkan di masa depan bisnis yang tidak menggunakan teknologi digital akan terlindas kompetitor yang mengadopsi teknologi dengan cepat.

Data selanjutnya membandingkan berapa lama waktu yang dihabiskan di internet dengan waktu untuk menonton TV. Datanya menyebutkan Via PC: 8 jam 44 menit, Mobile Phone: 3 jam 55 menit, aktif di sosial media 3 jam 16 menit dan TV hanya 2 jam 23 menit. Jadi orang lebih banyak menghabiskan waktu di Internet dibanding TV konvensional. 

Baca juga : Donat donita dari medan hingga papua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *