Bagaimana Meningkatkan Nilai Tambah Produk Bisnis Anda

Bagaimana meningkatkan nilai tambah produk bisnis Anda.

Saya teringat pesan salah satu guru saya yang pernah bilang “Berusahalah untuk jadi yang pertama, jika tidak bisa jadilah yang terbaik, jika tidak bisa juga maka jadilah berbeda”.

Semua penemuan-penemuan besar yang ada dari dulu sampai sekarang berangkat dari ide penemunya yang ingin menciptakan sesuatu yang menurut orang mustahil menjadi sangat mungkin untuk bisa diwujudkan.

Para penemu, mereka “menjadi yang pertama” untuk satu bidang tertentu yang menjadi fokus temuannya. Mereka adalah pioner atau trendsetter yang pada gilirannya akan banyak follower yang mencontek atau memodifikasi karya-karya mereka.

Apa sekarang ini kita bisa jadi yang pertama sama seperti mereka? Apa kita bisa menemukan sesuatu yang sangat hebat atau luar biasa yang akan dicatat dengan tinta emas dalam sejarah manusia?

Saya rasa itu mungkin saja, selama Anda punya sumber daya serta motivasi yang cukup kuat untuk itu. Jika tidak, maka guru saya bilang “jadilah yang terbaik”.

Facebook mungkin bukan situs jejaring sosial pertama yang pernah ada di dunia. Jejaring sosial yang pertama namanya Sixdegrees yang muncul pada tahun 1997. Situs ini memiliki fungsi dasar yang hampir sama seperti facebook tapi mungkin masih sangat sederhana.

Facebook adalah contoh langsung yang ada di depan mata kita. Dengan jumlah pengguna dan pengakses sampai milyaran orang perbulan, Facebook masih jadi yang terbaik di ranah jejaring sosial setidaknya sampai saat ini.

Selanjutnya kata guru saya, jika Anda tidak bisa jadi yang pertama atau belum jadi yang terbaik, maka pilihan hanya tinggal satu “jadilah berbeda”.

Berbeda yang dimaksud disini pastinya bukan dalam konotasi negatif tapi berbeda dalam artian positif. Kalau boleh saya beri penekanan “sangat positif” supaya tidak ada salah penafsiran.

Jadi apa hubungannya semua cerita diatas dengan meningkatkan nilai tambah sebuah produk bisnis?

Hubungannya ada pada tujuannya.

Tujuan Anda dengan “menjadi berbeda” adalah dalam rangka mengeluarkan semua potensi bisnis Anda untuk untuk memberikan atau meningkatkan nilai tambah dari produk bisnis yang Anda miliki.

Lantas bagaimana caranya? Berikut 8 cara yang bisa Anda coba untuk meningkatkan nilai tambah yang saya rangkum dari buku Marketing Revolution.

  1. Berikan hadiah/bonus.
    Hadiah bisa berupa aksesoris yang masih ada hubungannya dengan produk yang Anda jual. Atau hadiah produk sejenis yang sama dengan produk yang Anda jual. Atau produk yang tidak ada hubungannya dengan produk yang Anda jual.
  2. Adakan undian berhadiah.
    Misal pembeli berkesempatan mengikuti program undian berhadiah sepeda motor untuk setiap pembelian 100 bungkus. Berlaku juga kelipatannya, setiap 100 bungkus dapat 1 nomor undian.
  3. Bundling product dengan harga total yang jauh lebih murah dibanding membeli dengan harga eceran.
    Misal beli 10 bungkus all varian produk Donita cuma bayar Rp.100.000.
  4. Product endorsement.
    Product endorsement bisa dilakukan dengan mencari produk lain yang sudah punya komunitas yang cukup besar untuk diajak kerjasama. Tujuannya agar produk Anda juga dikenal di komunitas tersebut.
  5. Tonjolkan keunggulan produk.
    Menonjolkan keunggulan produk apalagi jika dibandingkan dengan produk lain yang sejenis ternyata juga mampu meningkatkan nilai tambah produk Anda. Misal Donat Donita yang lembutnya NEMPEL di hati.
  6. Jelaskan detail proses pembuatan produk.
    Menjelaskan detail proses pembuatan produk juga bisa membantu produk Anda terlihat berbeda dibanding produk pesaing. Misal kain batik yang dibuat dengan cara tradisional dengan menggunakan bahan pewarna alami.
  7. Jelaskan detail fitur produk.
    Kurang informasi bisa menjadi penyebab orang menganggap bahwa setiap produk itu sama dan tak ada bedanya. Mereka cenderung akan terus seperti itu sampai mereka tahu informasi yang jelas seperti apa. Jadi tugas Anda menjelaskan secara detail fitur produk yang Anda miliki agar mereka tahu bahwa produk Anda memang beda.
  8. Jelaskan detail benefit produk.
    Menjelaskan dengan sangat detail benefit apa yang akan pembeli dapatkan ternyata juga mampu membuat produk Anda terlihat sangat berbeda dan akan menjadi nilai tambah tersendiri.

Nah, ini tadi 8 cara yang bisa Anda pakai agar produk bisnis Anda terlihat sangat berbeda yang nantinya akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi produk Anda.

Semoga bermanfaat.

Baca juga : Cara Bagaimana Membuat Penawaran Yang Menarik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *