Mencari Ceruk Pasar Yang Potensial Untuk Target Market

Mulai hari ini dan beberapa hari ke depan kita akan banyak #NgobrolinTentangPasar, dan tema kali ini Mencari Ceruk Pasar.
Saya yakin Anda pasti sudah tahu, “Market is very vital in your business”. Market sangat penting untuk keberlangsungan bisnis Anda.
Selain itu dengan mengenal market dengan baik akan memudahkan Anda melakukan ekselerasi dalam bisnis. #BisnisMakinTumbuh
Nah, mengawali obrolan kita, kali ini kita akan bicara tentang Niche Market. Niche Market atau sering juga disebut dengan istilah ceruk pasar adalah bagian terkecil dari pasar yang sangat luas.
Tapi, meskipun ia merupakan bagian terkecil dari pasar, bukan berarti tidak potensial. Justru tantangannya adalah menemukan pasar yang potensial. #PasarPotensial
Maka menemukan ceruk pasar tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, tapi tidak juga terlalu sulit, butuh kreatifitas untuk melihat pasar dengan lebih jeli. #CreativeMarket
Proses menemukan ceruk pasar dalam dunia pemasaran bisa dilakukan dengan pendekatan segmentasi pasar.
Pakar marketing, Hermawan Kartajaya, memandang segementasi pasar sebagai seni mengidentifikasi pasar dan memanfaatkan beragam peluang yang muncul di pasar. Segmentasi adalah sebuah metode bagaimana melihat pasar secara efektif dan efisien. #SegmentasiPasar
Ingat ya, kita tidak mungkin masuk ke semua pasar tanpa tahu kondisi pasar dengan sangat jelas. Apalagi jika sumber daya yang kita miliki terbatas, baik sumber daya manusianya, modal, alat, bahan, dan sebagainya.
Jadi jangan serakah menggarap semua pasar dengan sumber daya yang terbatas kecuali jika Anda ingin bisnis gulung tikar dengan cepat. 🙂
Segmentasi pasar kita lakukan dalam rangka untuk mengetahui pasar secara jelas sehingga kita bisa lebih fokus dalam mengalokasikan sumber daya yang dimiliki ke dalam ceruk pasar yang potensial tadi. #Resource
Dengan mengetahui ceruk pasar secara jelas, kita bisa memaksimalkan sumber daya yang dimiliki secara lebih efektif dan efisien sehingga memungkinkan kita mendapatkan keuntungan maksimal.
Efektif yang dimaksud disini bahwa tujuan yang ingin kita capai sesuai dengan rencana yang sudah ditetapkan. Sedangkan efisien maksudnya bahwa proses yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut sesuai dengan sumber daya yang dimiliki. #EfektifDanEfisien
Oh iya, selain menggunakan pendekatan segmentasi pasar, menemukan niche market juga bisa dilakukan dengan mengetahui interest produk Anda terlebih dahulu.
Oke deh, inilah sekelumit tentang pasar spesifik atau niche market. Besok kita lanjut lagi ya #NgobrolinTentangPasar.
Semoga bermanfaat.. ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *