5 Cara Meningkatkan Keuntungan Usaha

Kali ini saya ingin berbagi sedikit tentang 5 cara bagaimana meningkatkan keuntungan usaha. Ide menulis ini saya dapat setelah menonton video bisnis dengan judul yang sama “5 Cara Meningkatkan Keuntungan Usaha”. Kalau dicermati lebih dalam sebenarnya materi ini hampir sama dengan konsep sales funnel.

Apa itu sales funnel?

Sales funnel (corong penjualan) adalah customer journey, yaitu perjalanan seorang konsumen dari yang sebelumnya mereka tidak tahu, kemudian tahu, sampai akhirnya mereka memutuskan membeli produk Anda.

Sebuah riset di AS (Amerika Sonoh 🙂 ) menyebutkan rata-rata orang butuh 25 kali melihat iklan/promosi baru mereka terkonversi menjadi pembeli. Jadi sales funnel adalah proses kita mengedukasi pasar sehingga timbul kesadaran bahwa produk yang kita tawarkan ingin/butuh untuk mereka beli.

Sesuai dengan hasil riset diatas, minimal harus 25 kali Anda tawarkan produk Anda ke mereka. Bisa melalui email, iklan di facebook, iklan di youtube, atau media promosi lainnya.

Disebut funnel, karena proses ini kalau digambarkan mirip sebuah corong atau piramida terbalik, dimana bagian atas lebih besar dari bagian bawahnya. Sama seperti penjualan, dari ribuan orang yang datang dan tanya-tanya produk kita, tidak semuanya membeli, tapi hanya sebagian kecil saja.

Ada banyak macam sales funnel, dari yang sederhana sampai njlimet bikin mumet. Tapi intinya ada 3 bagian utama sales funnel.

1. Top of the funnel (Tofu)

Bagian atas funnel. Ini adalah proses dimana Anda harus menarik sebanyak mungkin orang untuk masuk kedalam funnel.

2. Middle of the funnel (Mifu)

Bagian tengah funnel. Disinilah kita mulai proses mengedukasi pasar, meyakinkan mereka untuk mau beli produk kita, menjelaskan benefit/value produk kita, menjelaskan apa saja keuntungan/kerugian yang akan mereka dapatkan, dll

3. Buttom of the funnel (Bofu)

Bagian bawah funnel. Disini kita menutup penjualan dan mempersiapkan mereka untuk membeli lagi, menjadikan mereka pelanggan, memperbanyak jumlah transaksi perbulan, memperbesar jumlah rupiah per transaksi, merekomendasikan orang lain untuk masuk ke atas funnel, dll

Lah, terus bagaimana caranya meningkatkan keuntungan usaha. Inilah formulanya:

  1. Lead (calon pembeli) adalah orang yang datang dan tanya-tanya tentang produk Anda. Kalau dalam sales funnel maka ini ada dibagian atas funnel. Jika ingin meningkatkan keuntungan usaha maka perbanyaklah jumlah lead Anda. Logikanya semakin banyak lead semakin besar kemungkinan orang akan beli.
  2. Konversi adalah orang yang sudah menjadi pembeli produk Anda yang diukur dalam persen. Contoh: Jika Anda punya lead sebanyak 2000, dan mereka yang beli ada 200 orang, maka konversi Anda 10%. Menariknya jika Anda paham tentang konversi, Anda bisa menghasilkan lebih banyak penjualan tanpa perlu menambah jumlah lead. Konversi ada dibagian tengah funnel.
  3. Jumlah transaksi per bulan, maksudnya berapa kali lead Anda membeli dalam sebulan (repeat order). Repeat order adalah hasil dari kepuasan pelanggan. Kepuasan bisa datang dari pelayanan yang ramah atau value yang diberikan produk Anda lebih besar dari espektasi mereka. Jumlah transaksi perbulan ada dibagian bawah funnel.
  4. Rata-rata Rp per transaksi, maksudnya berapa banyak uang (rupiah) yang lead Anda belanjakan untuk sekali transaksi. Untuk meningkatkan keuntungan usaha maka perbesarlah uang yang mereka habiskan (spend). Teknik jualan yang bisa dipakai untuk meningkatkan nilai ini bisa dilakukan dengan teknik bundle produk, cross sell, atau up sell. Rata-rata Rp per transaksi ada dibagian bawah funnel.
  5. Margin. Untuk meningkatkan keuntungan usaha maka tingkatkanlah margin keuntungan Anda. Margin biasanya dihitung dalam persen. Prinsipnya dengan menaikkan pemasukan dan menekan pengeluaran. Margin berada di luar sales funnel tidak masuk dalam proses penjualan.

Nah, ini sekelumit tentang 5 cara meningkatkan keuntungan usaha atau profit bisnis Anda.

Mulai sekarang gunakanlah formula ini untuk mendeteksi masalah yang mungkin muncul dalam penjualan Anda.

Pastikan setiap kegiatan usaha yang Anda lakukan adalah dalam rangka mencari lead, memperbesar konversi, memperbanyak jumlah transaksi, memperbesar spending, atau meningkatkan margin.

Inilah 5 cara yang meningkatkan keuntungan usaha yang bisa Anda coba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *