Manfaat Kentang Yang Jarang Diketahui Orang Awam

Di Indonesia, hampir seluruh rumah sering mengkonsumsi sayuran yang masih dianggap “mewah” ini. Namun meski laris manis, tidak semua orang tau manfaat-manfaat tersembunyi dari sayuran yang sedang mereka makan tersebut.

Apakah saja manfaat kentang yang penting untuk Anda ketahui.

1. Mencegah Kanker
Manfaat pertama yang tidak terduga adalah kentang ‘mampu mencegah kanker’. Karna mengandung kadar antioksidan offlavonoid dan vitamin A yang tinggi, seperti zeaxanthin dan karoten, kentang dapat melindungi kita terhadap berbagai jenis kanker. Sebuah penelitian di salah satu lembaga pertanian telah membuktikan bahwa kentang ternyata mengandung senyawa yang disebut quercetin, yang merupakan salah satu anti-kanker & anti-tumor paling ampuh.

2. Mengurangi Kadar Kolesterol
Seperti yang kita tau, kentang memiliki Zat Potasium yang jumlahnya sangat berlimpah. Nah, zat-zat inilah yang mampu menghalangi menumpuknya kolestrol dalam tubuh kamu sehingga terhindar dari penyakit ‘Stroke’ yang beberapa tahun silam pernah menjadi penyebab kematian TERTINGGI di Indonesia!

3. Mengurangi Resiko Batu Ginjal
Kentang kaya akan zat besi dan kalsium yang turun andil dalam pembantukan batu dalam ginjal, secara logis mereka tidak akan cocok sebagai tindakan mencegah batu ginjal. TETAPI, kentang juga mengandung magnesium yang menghambat akumulasi atau pengendapan kalsium di ginjal dan jaringan lainnya, sehingga dapat menolak kalsium yang ada pada jaringan ginjal dan membuktikan manfaatnya untuk obat batu ginjal.

4. Membentuk Struktur dan Kekuatan Tulang
Pada poin ke-3, telah disebutkan bahwa kentang ‘kaya akan zat besi dan kalsium’, inilah alasan mengapa kentang ‘sangat penting’ bagi tubuh kita. Zat Besi, kalsium, fosfor, magnesium, dan seng yang terdapat dalam kentang adalah ‘kombinasi sempurna’ untuk membantu pertumbuhan dan kesehatan tulang kita secara keseluruhan!

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Meningkatkan asupan kalium dipercaya dapat menurunkan tekanan darah, namun tak hanya itu saja, magnesium dan kalsium juga sangat diperlukan dalam andil penurunan tekanan darah. Yang mana, ketiga zat tersebut telah terkandung jadi satu di dalam kentang sehingga JAUH LEBIH EFEKTIF untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Menjaga Kesehatan Jantung
Selain vitamin, mineral, kalium dan serat, kentang juga mengandung zat tertentu yang disebut Karotenoid yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan fungsi organ internal lainnya. Juga tidak memiliki kandungan kolesterol yang tinggi, sehingga sangat baik untuk Jantung.

7. Membangun dan Membantu Pembentukan Sel
Vitamin B6 merupakan salah satu vitamin penting yang dibutuhkan untuk proses pembentukkan sel dalam tubuh. Sebagian besar protein dan asam amino membutuhkan vitamin B6 untuk sintesis dalam pembentukan DNA, untuk itu, kentang sangat penting dalam membantu peran pembuatan sel sel baru tubuh kita.

8. Merawat kesehatan Otak dan Syaraf
Manfaat lainnya yang tak kalah penting adalah dapat menjaga fungsi otak dan syaraf-syarafnya. Fungsi dari kinerja otak sangat tergantung pada kadar gula, suplai oksigen, berbagai komponen vitamin B kompleks dan hormon tertentu, asam amino serta asam lemak seperti omega-3. Kentang memenuhi hampir semua kebutuhan yang disebutkan tadi serta memiliki karbohidrat yang tinggi dan dengan demikian, mampu mempertahankan tingkat gula yang baik dalam darah. Hal ini akan mencegah otak dari kelelahan dan menjaga aktivitas dan kinerja kongnitif tetap tinggi!

Wow, bahkan satu sayuran saja manfaatnya bisa sebanyak itu ya!

Belum lagi kalau dikolaborasiin dengan coklat yang jumlah manfaatnya NGGAK KALAH BANYAK dari Kentang!. Atau keju yang ampuh banget buat meningkatkan kualitas tidur dan nurunin berat badan!

Waduhh.. sudah nikmat, berkhasiat pula!

Credit: manfaat.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *