Ternyata Kacang Merah Sangat Penting Dan Bisa Mencegah Pikun.

Kacang merupakan salah satu makanan yang memiliki serat cukup tinggi. Pada sebagian orang jawa, kacang merah ini biasanya dimasak bersamaan dengan sayur lodeh atau sebagai bahan isian kue seperti onde-onde.

Pada kacang merah terdapat kandungan asam folat, kalsium, karbohidrat dan memiliki jumlah protein yang tinggi. Dimana semua senyawa tersebut merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk digunakan sebagai penjaga daya tahan tubuh, penjaga kesehatan otak, pembantu proses pertumbuhan, pembantu dalam menyehatkan kulit dan masih banyak lagi.

Index kadar glikemik pada kacang merah dipercaya dapat menekan atau mengurangi resiko munculnya penyakit diabetes yang sering menyerang orang-orang yang suka mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi.

Pada kacang merah juga terdapat kandungan besi, mangan dan jumlah kandungan Antioksidan TERTINGGI daripada sayur dan buah-buahan lain yang mampu membuat tubuh kamu terhindar dari radikal bebas.

Seperti yang kita ketahui, banyaknya timbunan radikal bebas dalam tubuh dapat berpotensi menjadi pemicu berbagai macam penyakit seperti mempercepat penuaan, peradangan, kanker, kerusakan hati & ginjal, dll.

Satu lagi nihh manfaat dari Kacang Merah yang WAJIB kamu tahu, kacang merah juga mengandung Vitamin B yang sangat tinggi lohh.

Dan taukah kamu jika vitamin B dalam kacang merah ini mengandung Thiamin yang berlimpah, kandungan ini berkontribusi besar terhadap reaksi enzimatik sebagai pusat produksi energi dan juga penting untuk fungsi sel otak / kognitif. Thiamin sangat diperlukan dalam proses penting neurotransmitter untuk memori otak.

Bahkan salah satu penelitian telah membuktikan bahwa kacang merah adalah faktor yang “signifikan” dalam penurunan fungsi mental (pikun) dan penyakit kepikunan seperti Alzheimer.

Jadi jika kamu memiliki keluarga atau kerabat yang ‘pelupa’, kamu bisa banget nihh membantu mereka dengan merekomendasikan perbanyak konsumsi kacang merah.

Rasulullah SAW bersabda:

وَاللهُ فِي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيْهِ.

Artinya, “Dan Allah senantiasa membantu seorang hamba selama hamba tersebut membantu saudaranya.”

Nah, jika kamu telah mengetahui informasi penting seperti ini, lebih baik jangan disimpan sendiri yaa ilmunya

Credit: alodokter.com & firdaus45.com

Baca juga : Manfaat keju yang sayang di lewatkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *