Riset Pasar Dan Bagaimana Cara Melakukannya

Apa itu riset pasar? Secara bahasa riset pasar artinya meneliti dan mengamati pasar. Lebih luas lagi riset pasar artinya adalah kegiatan meneliti dan mengamati pasar dengan mengumpulkan sebanyak mungkin data tentang pasar, kemudian data tersebut diolah, diamati, dan dipelajari lalu diterjemahkan menjadi sebuah hasil riset. #ApaItuRisetPasar

Hasil riset kemudian dijadikan masukan bagi perusahaan untuk mengetahui hal apa saja yang perlu diperbaiki dan strategi pemasaran apa yang masih bisa dilakukan untuk merebut peluang.

Bagi calon pengusaha, riset pasar perlu dilakukan untuk mengetahui apa yang paling dibutuhkan pasar dan mengukur tingkat persaingan, sehingga ia dapat membuat sebuah produk ataupun jasa yang sesuai dengan pasar. Dengan begitu produk atau jasa yang ia tawarkan berpeluang lebih cepat laku dan bisa menang dalam persaingan di pasar. #TujuanRisetPasar

Berdasarkan maksud dan tujuan diatas maka riset pasar biasanya hanya akan terpaku pada aspek pasar dan produk saja. Artinya, kita cukup tahu apa yang paling dibutuhkan pasar lantas membuat produk untuk memenuhi apa yang menjadi kebutuhan.

Bisnis yang berhasil bukan karena idenya bagus tapi hasil serangkaian test dan ukur. Test dan ukur inilah yang saya maksud dengan riset pasar.

Jadi riset pasar akan membuka keran keberhasilan sebesar-besarnya dan meminimalisir resiko kegagalan dalam memulai bisnis. Dengan melakukan riset terlebih dulu kita bisa mencari tahu apakah ide bisnis yang kita punya akan laku sebelum menghabiskan sumber daya.

Kebanyakan bisnis gagal karena kehabisan sumber daya sebelum target pembeli terpenuhi. Bayangkan jika ini terjadi pada bisnis Anda, modal sudah tergerus habis sementara penjualan yang terjadi sama sekali tidak memberikan keuntungan. #GulungTikar

Jadi tolong diingat ya, secara sederhana riset pasar akan membuka peluang keberhasilan dan meminimalisir resiko kegagalan. #ManfaatRisetPasar

Tapi kalau menurut pakar, riset pasar memiliki 3 manfaat utama:

  1. Evaluating. Sebagai bahan untuk mengevaluasi program-program pemasaran yang telah dilakukan sebelumnya.
  2. Understanding. Sebagai masukan untuk memahami konsumen sehingga kita bisa mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan pasar.
  3. Predicting. Sebagai acuan untuk menyusun strategi pemasaran baru, merebut peluang, dan memenangkan persaingan.

Lantas bagaimana cara melakukan riset pasar?

Cara melakukan riset bagi sebuah perusahaan besar mungkin akan sangat kompleks dan rumit. Jadi kita hanya akan mengulas bagaimana cara melakukan riset pasar dari kacamata calon pengusaha atau pengusaha pemula.

Bagaimana caranya? #CaraRisetPasar

  1. Tentukan tujuan

Tentukan 2 atau 3 faktor yang menjadi masalah atau penghambat dalam bisnis Anda. Fokuslah ke satu masalah tersebut, tapi biasanya masalah utama dalam bisnis adalah masalah penjualan. Ada tidak yang mau membeli produk Anda?

  1. Buatlah versi minimum dari produk Anda

Jangan buat produk dengan sempurna atau langsung produksi dalam skala besar lebih dulu sebelum ada pembeli atau calon pembelinya. Kesempurnaan pasti butuh waktu dan bagi calon pengusaha menambah waktu akan menghabiskan banyak uang atau sumber daya.

Membuat versi mini dari suatu produk bukan agar produknya bagus tapi untuk memvalidasi model bisnis atau memvalidasi pasar. Uang adalah validasi ide bisnis terbaik.

  1. Tawarkan

Buatlah penawaran yang menarik dan jelaskan apa manfaat produk Anda dalam setiap penawaran yang Anda buat. Kunci dari penawaran adalah copywriting yang bagus, maka pelajarilah bagaimana membuat copywriting yang baik.

Goal dari penawaran disini bukan untuk untung besar, tapi mencari tahu apakah pasar bersedia membeli dan membayar produk Anda. Minimal Anda bisa mendapatkan kontak mereka yang bisa dihubungi lagi nanti di lain waktu.

  1. Ukur dan pelajari hasilnya

Pelajari dan perbaiki beberapa elemen yang mungkin kurang dari copywriting yang Anda buat. Temukan tempat terbaik dimana bisa melakukan penjulan dengan cepat. Pilih media yang sesuai dan mengena dengan target pasar.

Contoh kalau di facebook, pelajari bagaimana menulis copywriting yang baik di facebook.

Buat video atau gambar yang menarik untuk mendukung penawaran Anda. Survey membuktikan gambar dan video mampu meningkatkan konversi.

  1. Kumpulkan database pembeli

Database bisa berupa email atau nomor hp atau bisa juga berupa pixel facebook. Pixel facebook adalah recorder dari setiap pembeli dan calon pembeli yang pernah berkunjung ke website Anda.

Dengan memiliki database sendiri, kita tidak lagi bergantung dari sumber traffic lain yang butuh biaya lagi jika kita ingin menghubungi mereka kembali. Malah terkadang biaya yang dibutuhkan sangat besar sehingga menggerus biaya pemasukan.

  1. Ambil keputusan berdasarkan data yang didapat

Disini Anda bisa mengambil keputusan apakah mau bertahan dan mengembangkan bisnis Anda atau mau berubah haluan atau merubah bisnis model Anda.

Jika sudah punya datanya, Insya Allah Anda bisa mengambil keputusan dengan tepat karena punya banyak masukan.

Oke deh, inilah obrolan kita hari ini tentang pasar, khususnya tentang riset pasar. Insya Allah besok kita lanjut lagi #NgobrolinTentangPasar.

Semoga bermanfaat.. ^_^


Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *