Negara Mana Yang Menjalani Puasa Terberat?

Donita.co.id, Orang-orang Arab biasa menamai nama bulan berdasarkan kondisi yang terjadi saat berada pada bulan itu. Dalam bahasa Arab, Ramadhan berarti bulan yang terik atau panas. Maka tak heran kita sering mendapati menjalani puasa pada bulan Ramadhan cuaca terasa terik dan panas.

Seperti yang dilansir The Economist, saat bulan suci Ramadhan datang, sejumlah wilayah mengalami perubahan cuaca menuju panas. Ramadhan adalah salah satu bulan dalam kalender Hijriah yang pergerakannya mengikuti bulan.

Dalam kalender Masehi awal bulan Ramadhan biasanya jatuh 11 hari lebih awal setiap tahunnya, mengikuti siklus musim setiap tiga dekade. Tahun lalu, saat hari pertama Ramadhan jatuh pada 21 Juni, adalah hari terpanjang di tahun tersebut di belahan utara.

Ini membuat penduduk Muslim di sana mengalami hari terpanjang berpuasa. Pada hari pertama Ramadhan, penduduk London berpuasa sekitar 18 jam, dari pukul tiga subuh hingga sembilan malam.

Muslim di Helsinki berpuasa hingga 20 jam. Meski demikian, mereka masih lebih baik dibanding Muslim di Arkhangelsk yang harus puasa sekitar 21 jam per hari.

Meski termasuk negara yang menjalani puasa cukup lama, tapi lamanya puasa bukan satu-satunya ujian. Suhu di siang hari pun tidak terlalu bersahabat. The Economist menggelar survei di sejumlah kota di dunia dengan populasi di atas 300 ribu jiwa.

Hasilnya, Mekah, Arab Saudi memiliki rata-rata suhu siang sekitar 35 derajat Celcius. Kadang suhunya bisa meningkat hingga 44 derajat Celcius. Mekah menjadi salah satu kota paling berat menjalani puasa Ramadhan.

Tidak aneh jika negara-negara Arab mengeluarkan kebijakan untuk mengurangi aktivitas selama Ramadhan. Seperti Uni Emirates Arab yang memotong jam kerja jadi enam jam per hari.

Sementara itu, sejumlah tempat yang cukup nyaman saat berpuasa adalah kota-kota di garis khatulistiwa. Alasannya karena perbandingan siang dan malam yang seimbang dan dibarengi dengan suhu yang bersahabat.

Seperti Durban yang berpuasa sekitar 12 jam dengan suhu 17 derajat Celcius, Rio de Janeiro juga 12 jam dengan suhu 21 derajat Celcius. Indonesia pun termasuk karena berpuasa 12 jam dengan suhu rata-rata 25-30 derajat Celcius.

Sumber: Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *