Kuasai Ini Jika Ingin Menjual Lebih Cepat dan Lebih Banyak

Sebelumnya saya sudah posting tentang 5 kesalahan fatal yang sering dilakukan para Reseller. Bagi Anda yang belum membacanya silahkan baca dulu tulisan saya disini supaya bisa dipahami dengan baik.

Dan hari ini kita langsung saja masuk ke poin pertama dari 5 kesalahan yang sering dilakukan para Reseller pemula yaitu Reseller kurang menguasai produk

Bayangkan saat Anda berada di posisi pembeli, lalu Anda bertanya ke penjual semua hal yang berkaitan dengan produk yang akan Anda beli. Lantas penjualnya malah bilang “tidak tahu” sambil geleng-geleng kepala. Apa yang Anda rasakan saat itu? Pastinya dongkol, marah, kecewa, atau langsung pergi dan pasti tidak jadi beli.

Hasil survei membuktikan bahwa orang yang menguasai produk (termasuk kelebihan dan keuntungannya), akan lebih cepat lebih banyak menghasilkan penjualan dibanding dengan yang tidak paham produk yang dijual (alias cuma asal jualan).

Jadi solusi bagi Anda yang berbisnis reseller adalah kuasai produk yang Anda jual. Pahami apa yang menjadi kelebihan dan keunggulan produk Anda. Pelajari setiap detailnya produk Anda, dan pastikan ketika orang lain bertanya Anda sudah punya jawabannya.

Contoh, jika saat ini Anda adalah Reseller Donita, Anda harus tahu apa yang menjadi keunggulan Donat Donita. Bahan-bahan apa saja yang dipakai, bagaimana cara memasaknya, berapa lama ketahanannya, dll. Setidaknya Anda harus bisa menyebutkan 7 alasan kenapa orang harus membeli Donita. 

Kemudian sampaikan semua benefit itu kepada pelanggan Anda, hingga mereka tahu dan mau mencobanya. Pilih media yang paling bisa menjangkau semua pelanggan Anda. Mungkin itu di email, iklan di facebook, di youtube, di instagram, dll.

Product knowledge sangat penting dan cara terbaik untuk menguasai sebuah produk dengan cepat adalah dengan mencobanya langsung sehingga Anda bisa menceritakan pengalaman Anda ke calon prospek.  

Kenapa ini penting? Sebab suatu saat Anda akan menemukan tipe-tipe pembeli yang akan bertanya Anda sudah pakai produknya?

Nah lho!

Ketika ditanya seperti ini, pasti kita tidak berkutik jika belum pernah pakai produknya. Oleh sebab itu langkah paling awal adalah Anda perlu menggunakan produknya terlebih dulu sebelum merekomendasikan ke orang lain.

Contoh, Donita punya reseller yang kurang begitu paham tentang produk yang dijual (meski bisa closing) tapi tingkat closing reseller yang satu ini tidak konsisten. Berbeda dengan reseller yang lain yang sudah menggunakan produk yang dijual, sudah merasakan dan memahami produknya. Hasil closing ini jauh lebih besar dan lebih konsisten.

Simpelnya begini, ketika Anda menguasai produk/sudah mencoba sendiri, Anda bisa menjelaskan produk ke calon prospek jauh lebih cepat dan terkesan ahli. Dari sini si calon pembeli akan jauh lebih percaya. Selain itu, reseller yang paham produk, saya yakin jualannya lebih pede dibanding yang tidak menguasai atau bahkan tidak mencoba produknya sendiri.

Nah, sekarang Anda pasti sudah tahu betapa pentingnya menguasai produk yang akan Anda jual. Jadi seberapa pahamkah Anda tentang produk Anda?

Ayo dijawab… 🙂

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *