12 Teknik Promosi Yang Sesuai Dengan Target Market

Bagaimana cara menyampaikan penawaran pada target market yang tepat? Sebelumnya apa itu target market. Target market adalah sekumpulan orang yang mempunyai kecenderungan minat yang sama terhadap sesuatu yang menjadi solusi bagi kebutuhannya.

Pemasaran yang dulunya hanya berfokus kepada product (product oriented) yang mengandalkan rasional intelelligence bergeser ke pemasaran yang berorientasi pasar (market oriented).

Lebih jauh Hermawan Kartajaya seorang pakar marketing Indonesia menyebutkan praktek pemasaran akan semakin bergeser dan mengalami transformasi dari level rasional menuju ke emosional dan akhirnya ke human spirit yang secara holistic mampu menyentuh hati dan jiwa pelanggan.

Dengan memperhatikan perubahan-perubahan ini maka kemampuan mengenali target market dengan sangat baik adalah syarat mutlak yang harus dimiliki seorang marketer handal.

“Target market is very vital in your business” ini adalah salah satu prinsip pemasaran yang harus Anda pegang di era teknologi informasi seperti sekarang ini.

Sebelum memilih salah satu cara dari 12 pilar cara menyampaikan penawaran kepada target market maka Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah cara tersebut mampu menjangkau sebanyak mungkin orang yang menjadi target market Anda.

Sampai kepada target market adalah yang paling penting dalam menyampaikan penawaran. Karena akan sia-sia penawaran yang Anda kemas dengan sangat menarik jika disampaikan ke target market yang salah.

Mengutip buku Marketing Revolution karya Tung Desem Waringin, maka ada 12 cara yang bisa Anda coba untuk menyampaikan penawaran pada target market yang tepat:

1. Public Relation, Publisitas, Atau Press Release
Banyak orang mengesampingkannya dan tidak menggunakannya, padahal ini merupakan sebuah sarana awareness yang sangat murah dan efektif, dimana anda bisa menyentuh banyak orang sekaligus hanya dalam satu kali kesempatan (waktu).

Tentunya juga diimbangi dengan kriteria-kriteria berkualitas artikel yang anda buat, seperti : Harus layak berita, kirim pada lebih dari 1 majalah, mencantumkan nama-nama majalah yang memuatnya pada surat pengantar, dan melakukan follow up.

Dengan cara yang benar dalam menerapkannya Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal dan dahsyat.

2. Referral
Yang menyentuh market bukanlah kita sendiri, dimana kita juga membutuhkan referensi dari banyak orang termasuk orang yang telah menjadi customer kita dan merasa puas dengan produk yang kita tawarkan tersebut, untuk menjangkau daerah yang luas dan tentu juga dengan target market yang jauh lebih besar.

Referensi yang baik ialah referensi yang datang dari orang yang tulus, terkesan, dan puas karena produk dan jasa serta pelayanan yang kita berikan pada mereka.

3. Endorsement
Endorsement sebenarnya hampir sama dengan referral namun perbedaannya terletak pada banyaknya jumlah orang yang terlibat, dimana pada referral biasanya satu orang mengajak seorang lainnya sampai pada jumlah maksimum tertentu. Sedangkan dalam endorsement satu orang bisa mengajak seribu orang, atau semua orang di dalam kategorinya.

4. Advertising
Iklan merupakan salah satu media yang penting yang mampu memberikan awareness yang dahsyat bagi produk dan jasa yang anda miliki, karena bisa menjangkau banyak orang pada berbagai kalangan dan golongan usia dan semua orang yang bisa mendapatkan media tersebut.

Iklan bisa dilakukan pada banyak hal seperti, televisi, koran nasional, koran lokak, majalah, spanduk, brosur, baliho, radio, yellow pages, website, sticker, kartu nama, dan masih banyak lagi lainnya.

5. Direct Mail
Direct Mail merupakan salah satu cara ampuh untuk menyentuh target market kita. Hal ini berbeda dengan iklan advertising yang mampu di baca oleh semua orang yang melihat iklan tersebut. Direct mail bersifat lebih ekslusif dan langsung tertuju pada akun suatu aplikasi tertentu yang di miliki orang tersebut dan langsung tepat menuju orang tersebut.

Yang termasik Direct Mail ialah, surat, faksimile, email, SMS, BBM, Twiiter, Facebook, katalog, sticker nomor penting.

6. Direct Sales
Direct sales adalah penjualan yang dilakukan secara langsung kepada para target market . Orang-orang bagian penjualan adalah salah satu ujung tombak penting dalam pemasaran yang sekaligus merupakan bentuk faktor kali dari penjualan kita.

Kita harus memberikan insentif dan training yang memuaskan pada orang-orang penjualan yang kita miliki agar mampu memberikan direct sales yang maksimal dan menguntungkan bagi bisnis yang kita jalankan.

7. Direct Agent
Jika produk–produk kita memiliki jangkauan yang luas sebaiknya pada stiap kota dan daerah tertentu, kita memiliki agen yang mampu mengorganisir persebaran produk kita agar mampu tersebar secara baik dan merata pada semua daerah jangkauan tersebut.

Hal ini bisa dilakukan dengan Franchise, Cabang, Distributor, Multi Level Marketing, Licensing.

8. Host Beneficiary
Anda mempromosikan produk dan jasa anda langsung kepada perusahaan lain. Dengan menggunakan akses pada perusahaan lain untuk berjualan. Tentu saja kemungkinan produk anda untuk dikenal orang secara luas dan mendapatkan perhatian masyarakat akan menjadi sangat besar.

Contohnya seperti, layanan asuransi pada kartu kredit, sebagai hadiah bagi seseorang yang bisa mendapatkan poin yang banyak pada sebuah bank, dan masih banyak lainnya.

9. Telemarketing
Menyentuh target market dengan sepenuhnya menggunakan Telepon. Untuk melakukan hal ini diperlukan sales script yang benar-benar teruji agar telemarketing dapat menyentuh target market yang tepat.

10. Join Venture
Kita bisa melakukan join venture dengan siapapun bahkan kompetitor kita sekalipun.

Misalnya jika kita menjual apartemen mewah, lalu ada orang membutuhkan apartemen dengan harga yang lebih murah, kita bisa merekomendasikan calon konsumen tersebut untuk membeli apartemen kompetitor kita.

Tentu saja, dengan mengadakan perjanjian kerja sama terlebih dahulu sebelumnya, dan kerja sama itu harus mampu memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak.

11. Memberikan Seminar
Dari pada kita beriklan secara besar-besaran pada sebuah media tanpa fokus pada terget market dengan hasil yang tidak optimal dan terkesan sia-sia. Sebaiknya kita mengadakan seminar, karena dengan mengadakan seminar sebenarnya kita dapat lebih fokus pada target market kita.

12. Canvasing/Booth
Pilar ini tentu sangat efektif jika dilakukan pada target market yang tepat. Cara ini biasanya banyak digunakan oleh mall-mall besar. Untuk melakukan promosi dan upaya awareness brand-brand pada masyarakat luas.

Nah inilah 12 pilar atau cara menyampaikan penawaran untuk menjangkau target market dengan lebih cepat dan masive. Silahkan dicoba.

Semoga bermanfaat.

Baca juga : Bagaimana menyusun kalimat penawaran yang baik

—–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *